THOMMY
AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Tips Berobat Untuk Pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) 2022

GwiGwi.com – Kali ini saya ingin membagikan Tips Berobat Untuk Pasien BPJS Kesehatan di RSCM 2022 berdasarkan pengalaman saya. Jika sudah melakukan Pendaftaran Pasien Baru BPJS di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pasien atau Wali wajib mengikuti tips berikut ini:

1. Selalu bawa alat tulis dan map folder

Hal ini terlihat sepele, tapi sangat diperlukan. Selalu siapkan minimal satu pulpen dan stapler atau binder clip. Map Folder wajib dibawa, karena akan banyak dokumen nantinya, seperti kartu berobat, surat rujukan, surat kontrol, hasil tes lab, radiologi dan lainnya. Dokumen ini perlu disimpan dengan baik supaya tidak cepat rusak karena lecek.

2. Surat rujukan BPJS dari Faskes Pertama, RS Tipe B/C

Surat rujukan BPJS wajib dibawa ya. Karena ini bukti penting, walaupun sudah online tapi surat ini masih dibutuhkan. Jangan cuma bawa surat rujukan ke RSCM saja, tapi selalu siapkan surat rujukan mulai dari Faskes Pertama ke RS Tipe C, kemudian surat rujukan dari RS Tipe C ke RS Tipe B.

3. Kartu BPJS/KIS, KTP, Kartu Keluarga

Ketiga kartu diatas wajib sekali dibawa. Jika ada wali pasien, wali juga wajib bawa KTP dan KK.

4. Duplikat dokumen kelengkapan

Tips Berobat Untuk Pasien BPJS Kesehatan yang penting lainnya ialaha Semua dokumen yang saya sebutkan dipoin sebelumnya, wajib selalu duplikat (fotocopy), buatlah beberapa duplikat.

Tips Berobat Untuk Pasien BPJS Kesehatan

5. Masker medis, hand-sanitizer

Hal ini wajib dibawa kemana saja, apalagi ke rumah sakit. Oh ya hand sanitizer RSCM, secara pribadi saya kurang cocok, jadi mungkin untuk pasien/wali yang seperti saya, wajib bawa sendiri. Juga bawa masker cadangan jika masker rusak atau kotor.

6. Makanan dan minuman

Buat pasien/wali selalu bawa makanan dan minuman, apalagi jika datang dari subuh. Sekitaran RSCM tidak banyak pilihan makanan. Dilarang makan di dalam ruangan/depan poli, makan lah di lorong-lorong jalan.

Share this post

Project in mind?

Please hesitate to contact me

THOMMY AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Phone

0812-1212-5248

Email

hello@thomm.my.id