THOMMY
AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Pendaftaran Pasien Baru BPJS di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) 2020

thomm.my.id – Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo atau dikenal dengan sebutan RSCM, Cipto merupakan rumah sakit pemerintah dan rumah sakit pendidikan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Nama rumah sakit ini diambil dari nama Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, seorang tokoh perjuangan Indonesia pada masa kolonial.

Beralamat di Jl. Diponegoro No.71, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia rumah sakit ini dapat bilang RS rujukan nasional, jadi banyak pasien rujukan baik Umum atau BPJS dari rumah sakit daerah berbagai pelosok Indonesia.

Kali ini saya akan share pengalaman berobat di RSCM pada tahun 2019 dan yang terbaru 2020. Saya tergerak untuk membuat artikel ini karena saya pikir banyak yang butuh informasi ini, dulu saya juga susah sekali mencari informasi untuk pasien baru di RSCM. Oke jadi saya akan mulai dari pengalaman mendaftar untuk pasien baru dengan pembayaran JKN atau BPJS Kesehatan.

Tips, Kompleks RSCM ini besar sekali ya jangan salah masuk, dari arah Senen setelah jembatan kamu ketemu RSCM Kencana (umum/asuransi non BJPS) kemudian gerbang IGD dan gerbang masuk RSCM Umum/BPJS (lokasi depan RSCM Kiara)

PASIEN BARU

Kalau kamu menggunakan BPJS Kesehatan sudah pasti kamu dirujuk ke RSCM dari rumah sakit daerah asal, dan kamu sudah pasti jadi pasien baru. Berikut langkah-langkah pendaftaran, ini juga berlaku untuk pasien umum atau tunai.

Dokumen Persyaratan

Hal pertama kamu wajib membawa dokumen persyaratan. berikut daftarnya

  • KTP asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  • Kartu BPJS asli dan fotokopi
  • Surat Rujukan dari Rumah Sakit Daerah dan Faskes 1 (Puskesmas)
  • Surat pengantar dari dokter rumah sakit daerah

Tips, selalu buat fotocopy dari dokumen asli yang kamu punya dan bawa clearfile/map untuk menyimpan berkas-berkas karena kedepannya bakal banyak berkas lainnya yang penting.

Datang Subuh

Untuk pendaftaran pasien baru saya sarankan datang subuh karena calon pasien baru lainnya akan berebutan untuk mendaftar karena RSCM dikenal dengan antrian panjangnya. Jadi untuk mendapat nomor kecil saran saya lebih subuh datangnya.

Tahun 2019 saya datang jam 2 pagi dari Tangerang, karena masih pagi cuma 30 menit tiba di RSCM. Tips, sebelum jam 5 pagi jika kamu membawa kendaraan mobil sendiri, masuknya dari pintu parkir keluar (dari IGD), karena pintu parkir masuk (Depan RSCM Kiara) masih ditutup. Ini juga berlaku untuk pejalan kaki.

Datang jam segitu saya dapat nomor 3 untuk pasien baru. Sedangkan pasien lama saya lihat sudah ada sekitar belasan nama.

Tulis nama untuk urutan nomor antrian

Setibanya langsung daftar di pintu masuk (depan bank Mandiri), ada beberapa selebaran kertas untuk antrian dengan mengisi nama (bebas nama pasien/pengantar), nomor rekam medis (pasien lama).

Antri Ambil Nomor

Ada beberapa lembaran pendaftaran antrian, Lembar Pasien Baru, Lembar Pasien JKN/BPJS, Lembar Pasien Lanjut Usia (Up 50 thn), Lembar Pasien Disabilitas. Nah beda lembaran ini dapat nomor antrian yang berbeda pula, jadi jangan sampai salah mendaftar. Karena pasien baru kamu pasti dapat nomor antrian Kode A (contoh: A001, A002, A003 dst).

Setelah mendaftar nama kamu dilembaran itu kamu akan melihat nomor urut nama kamu, tapi itu tidak menjadi patokan karena bisa saja saat dipanggil, nama diatas kamu mngkin tidak hadir. Kamu bisa santai sambil menunggu pintu dibuka jam 5.00 WIB. Tips, siapkan Autan karena nyamuk RSCM cukup ganas, saat subuh ada MCD/KFC 24 jam yang buka tidak jauh dari RSCM, didepan jalan RSCM juga ada banyak starling (starbak keliling aka penjaja kopi instan dkk) yang standby

Nomor Antrian Sebenarnya

Saat pukul 5.00 WIB staf sekuriti akan mengambil lembaran antrian tersebut dan mulai memanggil nama berdasarkan urutan. Semua pasien/pengantar pasti sudah berkumpul didepan pintu untuk menunggu namanya disebut. Jangan sampai kelewatan kalau nama kamu dipanggil dan tidak hadir, otomatis diskip dan berakhir di nomor buntut sehingga datang subuh pun sia-sia.

Nomor Antrian Pasien baru

Ketika nama kamu disebut kamu sudah bisa masuk dan menerima nomor antrian sebenarnya dari staf, untuk pasien baru nomor antrian A. Selain nomor antrian juga diberi lembar formulir pendaftaran, sambil menunggu loket pendaftaran buka jam 7.00 WIB. Tips, bawa pulpen sendiri supaya ga gantian sama calon pasien lainnya.

Kartu Berobat

Pendaftaran

Mulai pukul 7:00 WIB staf loket pendaftaran akan memulai proses pendaftaran. Kamu akan diminta untuk menyerahkan dokumen diatas beserta formulir pendaftaran. Kamu akan ditanya mau ke poli mana dan menandatangani persetujuan peraturan RSCM.

Surat Rujukan Dengan Masa Berlaku Rujukan

Kamu akan diberi kartu berobat dengan nomor Rekam Medis Pasien RSCM dan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) BPJS Kesehatan berupa kertas continous form 3 ply, warna putih, merah dan kuning. Tips, pada lembar SEP terdapat informasi masa aktif rujukan BPJS, selama 3 bulan sejak rujukan dipakai pada pendaftaran.

Pada SEP juga akan diberi nomor antrian poli, kemudian pasien sudah bisa menuju poli. Lokasi poli bisa ditemukan dibanyak papan petunjuk arah di lorong RSCM.

Untuk kontrol ke poli berikutnya kamu bisa mendaftar melalui aplikasi/website pendaftaran online RSCM. Saya akan jelaskan di artikel lainnya.

Perubahan Sejak Pandemi COVID-19

Sejak pandemi COVID-19, pasien dan siapapun wajib pakai masker selama di lokasi RSCM, tidak wajib tetapi tidak ada salahnya pakai face shield. Pengaturan kursi di RSCM sudah diberi jarak untuk mematuhi aturan jaga jarak. Antrian pun dibatasi. Tersedia hand sanitiizer di dalam ruangan. Jumlah antrian dalam poli juga dibatasi dan diberi kloter. Satu lagi pendaftaran dibuka jam 5.00-12.00 WIB saja saat ini.

Sekian untuk pendaftaran pasien baru RSCM, jika ada pertanyaan silakan meninggalkan komentar.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Project in mind?

Please hesitate to contact me

THOMMY AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Phone

0812-1212-5248

Email