THOMMY
AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Tutorial Unblocking Domain Website di Facebook

thomm.my.id – Pernahkah kamu merasa kesal karena tiba-tiba domain website kamu diblokir oleh facebook? Biasanya saat kamu mengetikkan URL domain website kamu di facebook maka keluar pesan error yang menyebutkan ada kesalahan.

Selain tidak dapat membagikan link domain tersebut di Facebook, efek lainnya berpengaruh ke akun Instagram, terutama jika kamu menghubungkan Facebook Page (FP) dengan Instagram (IG).

Domain Diblokir Facebook, Akun Instagram Error

Saya baru-baru ini mengalami hal ini, tiba-tiba pada Bulan Juli akun Instagram saya tiba-tiba aneh, karena setiap posting maka captionya hilang dan hanya muncul gambar saja. Saya sampai mereport melalui halaman bantuan Instagram, namun sesuai ekspetasi tak ada respon dari Instagram.

Akhirnya saya biarkan saja, saya pikir ini akan kembali normal setelah beberapa hari. Seminggu berlalu, eror ini tidak juga hilang. Kemudian saya mendapat masukan teman untuk menghentikan koneksi IG ke FP, setelah itu saya hapus semua link di deskripsi profile, pokoknya semua, dan voila akun IG kembali normal.

Saya langsung berpikir FP saya yang berulah. Saya buka FP, ternyata sudah 2 minggu tidak ada postingan link website ke FP tersebut. Biasanya saya buat auto share dari website ke FP, tapi sudah 2 minggu tidak ada link yang ter-share.

Lapor Banding Facebook Blocks

Saya inisiatif coba share link dan mendapat error seperti ini:

Saya klik Let Us Know dan mengisi form yang menyatakan bahwa blokir ini salah dan keliru.

Lagi-lagi tak ada kabar dari Facebook, sudah sebulan domain saya diblokir Facebook. Atas saran teman saya juga telah melakukan broadcast message ke teman-teman untuk membantu mereport blokir ini ke Facebook, dengan berharap semakin banyak yang report, masalah ini semakin tereskalasi.

Karena sudah capek dan kesal saya sudah tak mengurusi lagi blokir ini. Saya pikir nanti akan otomatis ter-unblock sendiri. Pengalaman saya, FB pribadi saya pernah terblokir sampai 3 bulan lamanya, dan terunblock sendiri setelahnya.

Awal bulan September saya tak sengaja iseng googling cara Unblock domain facebook, sepertinya banyak juga yang kena. Dan akhirnya saya menemukan cara untuk menghubungi langsung Facebook Support.

Cara Hubungi Facebook Support

Cukup unik, untuk dapat menghubungi Facebook Support ternyata tidak ada di halaman pribadi FB kita. Kamu harus buka halaman Facebook Business disini https://web.facebook.com/business/help?_rdc=1&_rdr.

Mungkin karena Facebook Business sesuai namanya untuk kebutuhan bisnis, jadi Facebook memberi akses support dan live chat. Kamu bisa klik seperti gambar dibawah

Setelah klik tombol itu kalian akan dilemparkan halaman dibawah ini. Klik salah satu opsi untuk berpindah ke halaman berikutnya.

Pada halaman berikutnya scroll kebawah klik tombol Chat with a representative.

Setelah itu kalian harus mengisi form yang ada, isi dengan data yang akurat seperti kontak dan alasan kamu. Ada kolom Ads id, jika kalian pernah melakukan pemasangan iklan di Facebook Ads, kalian pasti sudah punya ID. Nah alasan pemasangan iklan juga menjadi cara jitu saya untuk meminta di unblock domain oleh Facebook.

Jujur saya sudah sering pasang iklan di Facebook entah mengapa diblokir setelahnya

Kemudian kalian akan masuk halaman Facebook Messenger dan langsung akan disapa tim Support, jika facebook bahasa Indonesia akan disapa tim berbahasa Indonesia.

Live Chat Facebook Business Support

Sebenarnya langkah-langkah diatas bisa kalian lewati dengan langsung membuka link messenger facebook ads support berikut ini m.me/facebookadsupport (semoga tidak berubah)

Singkat cerita saya disapa tim support, kemudian saya menulis alasan saya. Saya juga telah menjelaskan telah melakukan banding dan menurut tim support langkah itu sudah benar. Namun saya mendapat jawaban akhir yang tidak memuaskan.

Karena tidak puas, kemudian saya melakukan pelaporan kembali dengan merubah setingan bahasa Facebook menjadi bahasa Inggris. Caranya buka halaman facebook apa saja, pada bagian bawah kanan ada icon Bumi, diklik dan akan ada pilihan bahasanya

Saya ulangi kembali prosesnya daari halaman Facebook Business dan saya berakhir dengan live chat dengan tim support berbahasa Inggris.

Saya langsung diberi jawaban lebih baik dan memuaskan, seperti ini

Kalian dapat melihat perbedaan kedua chat, yang pertama mereka hanya mengatakan bahwa laporan banding yang telah saya lakukan sudah benar dan saya disuruh menunggu jawaban dari banding tersebut.

Sedangkan pada chat kedua, saya langsung diberi jawaban bahwa tim support FB Ads ini akan menghubungi tim untuk meng-unblock domain saya.

Yeah Domain Berhasil Di Unblock

Voila! setelah 5 hari saya mendapat ‘surat cinta’ bahwa domain telah berhasil terunblock. Di email juga disebutkan bahwa blocking ini terjadi karena kesalahan automation system.

Akhirnya penantian 2 bulan berakhir manis. So rekan-rekan yang mau mencoba unblock domain facebook bisa langsung mencoba cara ini.

Share this post

Project in mind?

Please hesitate to contact me

THOMMY AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Phone

0812-1212-5248

Email

hello@thomm.my.id