THOMMY
AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Bepergian ke tujuan yang tidak dikenal dapat memberi Anda jenis masalah yang tidak ingin Anda alami saat berada di jalan yaitu: perampokan, pemerkosaan, atau pembunuhan. Wisatawan kerap menjadi mangsa pelaku karena tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan. Mari kita periksa beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah perjalanan Anda menjadi tragedi:

1. Jangan pernah mencantumkan alamat rumah Anda di tag bagasi. Jika untuk bisnis, tulis alamat perusahaan pada tag; jika mengunjungi teman Anda dapat mencantumkan alamat mereka. Gunakan juga label bagasi tertutup.

2. Tetaplah dengan bagasi Anda sampai bagasi diperiksa. Jika Anda harus meletakkan tas Anda, pertahankan satu kaki di pegangannya.

3. Bawalah kertas penting dengan Anda; JANGAN PERNAH memeriksa apa pun yang Anda tidak mampu kehilangannya. Fotokopi paspor, SIM, dan kartu kredit Anda.

4. Bawalah senter kecil. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan tiba-tiba berada “dalam kegelapan” dan menemukan diri Anda berada di lingkungan yang asing. Di malam hari, letakkan senter di samping tempat tidur Anda.

5. Pastikan bahwa obat resep Anda terisi tepat dan diberi label akurat. Di beberapa negara, obat resep tertentu dilarang.

6. Jangan pernah memakai apapun yang memproyeksikan kemakmuran. Rantai emas, jam tangan dan cincin mahal, koper, atau perlengkapan lain tidak boleh terlihat dengan mudah. Lebih baik: tinggalkan perhiasan Anda di rumah.

7. Jika memungkinkan bepergian hanya dengan satu atau dua kartu kredit.

8. Wanita khususnya tidak boleh menerima minuman dari orang asing. Perhatikan minuman Anda setiap saat.

9. Variasikan jadwal Anda; cobalah untuk tidak datang dan pergi pada waktu yang sama setiap hari.

10. Hanya tinggal di hotel yang menggunakan kartu untuk membuka pintu kamar dan pastikan kamar Anda memiliki lubang intip dan kunci gerendel. Amankan rantai dan kencangkan pintu dengan menekan penghenti karet di bawahnya.

11. Tinggallah di kamar dekat tangga. Jangan pernah naik lift jika api atau asap terdeteksi. Selalu tinggal di hotel yang pintunya masuk ke lorong dan tidak langsung dari luar.

12. Jangan memakai tanda nama di depan umum.

13. Jangan menggunakan taksi tanpa tanda.

14. Duduklah di belakang pengemudi sehingga Anda dapat melihatnya, tetapi dia tidak dapat melihat Anda.

15. Bayar supir saat tiba di tempat tujuan dan selama Anda masih duduk di dalam kendaraan.

16. Jika Anda harus menyewa mobil, sewa hanya dari perusahaan terkemuka. Masalah pengoperasian apa pun yang terjadi dapat menandakan sabotase.

17. Waspadai kecelakaan mobil ‘bertahap’ yang dimaksudkan untuk membuat Anda kehilangan kartu.

18. Kembali ke tempat parkir Anda untuk memfasilitasi keluar dengan cepat.

19. Parkirlah hanya di area yang cukup terang dan sering dilalui.

20. Jika ponsel Anda tidak berfungsi di luar negeri, pertimbangkan untuk menyewa ponsel yang berfungsi selama perjalanan Anda.

21. Jika ditahan karena alasan apapun oleh petugas, mintalah identifikasi. Jika ragu, beri tahu mereka bahwa Anda ingin melihat atasannya. Kendalikan emosi Anda.

22. Jika bepergian dengan anak-anak, bawalah foto terbaru dari setiap anak jika Anda berpisah dengan mereka.

23. Tuliskan nama anak Anda dan nomor hotel Anda di setiap kartu; sertakan informasi kontak teman dekat atau kerabat di kartu. Berikan sebuah kartu kepada setiap anak yang akan mereka bawa selama Anda pergi. Hancurkan setelah pulang.

24. Diskusikan dengan keluarga Anda apa yang akan mereka lakukan jika terjadi keadaan darurat saat jauh dari rumah, misalnya siapa yang harus dihubungi, bagaimana menghubungi personel darurat, dll.

25. Jangan membahas rencana perjalanan, nomor kamar Anda atau informasi pribadi lainnya di depan umum dalam jangkauan orang asing.

26. Bawalah kotak P3K dasar dengan perban, yodium, pengusir nyamuk, tabir surya, paket alkohol, dramamin, pepto bismol, obat diare, dll.

27. Biasakan diri Anda dengan jadwal kereta dan bus sebelum bepergian. Miliki rencana alternatif jika rencana transportasi Anda berubah.

28. Jangan menunjukkan paspor Anda di depan umum. Perlihatkan dokumen penting secara diam-diam hanya kepada pejabat.

29. Pertimbangkan untuk membeli alarm portabel yang mengeluarkan suara keras.

30. Waspadai penipuan di jalan. Anak-anak yang bekerja dengan orang dewasa terkenal sebagai pencopet.

31. Jangan pernah menunjukkan uang Anda di depan umum. Tukarkan dana hanya dengan penukar terkemuka dan diakui.

32. Siapkan tip sebelumnya untuk personel servis.

33. Pertimbangkan untuk menyewa pendamping [security] layanan jika bepergian di daerah di mana tingkat kejahatan tinggi.

Kunci perjalanan yang aman di area mana pun adalah kesadaran situasional. Gangguan karena bagasi, anak-anak, petugas hotel, orang asing, dll. Dapat membuat Anda berisiko. Kenali lingkungan Anda dan tetap kendalikan setiap situasi.

Sumber

Share this post

Project in mind?

Please hesitate to contact me

THOMMY AUGUZTH

Developer and
Startup entrepreneur

Phone

0812-1212-5248

Email

hello@thomm.my.id